Selasa, 26 Juli 2011

Tugas pertama mengenai Dialog Interaktif


Yah, baru aktif belajar aja udah ada kegiatan tugas langsung masuk. Bahasa Indonesia, pelajaran yang harus malu, jika kita tidak mengetahui sama sekali apa tujuannya pelajaran ini. Ya, guru bahasa Indonesia udah ngasih tugas ke semua anak kelas 9. Dimana, materi yang diberikan tugas individu ini tidak dijelaskan secara detail, membuat anak kelas 9 baru ;baca : anak-ingusan-yang-baru-sembuh , ini sangat sangat kebingungan. Tugasnya adalah DIALOG INTERAKTIF !!!!! Wow, It’s first hard lesson! Liat dari bahasanya aja kayaknya udah pada nyerah, apalagi kalo denger perintah tugasnya. Ckck.. temen-temen pada belum ngerti juga apasih dialog interaktif itu?. Untuk lebih jelas nya, come on kita liat uraian berikut :

Pengertian Dialog Interaktif

Dialog interaktif adalah percakapan yang dilakukan di televisi atau radio yang dapat melibatkan pemirsa dan pendengar melalui telepon. Adapun nara sumber yang dipilih adalah orang tahu persis tentang informasi yang ingin disampaikan. Kalian juga dapat memperoleh informasi dengan bertindak sebagai pihak yang fasip yaitu mendengarkan dengan sesama suatu.

Jadi udah pada tau kan apasih dialog interaktif itu?.

Nah, sekarang tugas yang dikasih oleh guru itu, kita suruh bikin kesimpulan dari suatu dialog interaktif, yang berada diacara televise, banyak acara yang mendasar pada dialog interaktif, example Hitam Putih dan Mamah dan Aa’ .

So, untuk membuat kesimpulannya, pertama yang harus disiapkan adalah telinga dan konsentrasi kita. Jadi kita (di)harus(kan) konsentrasi penuh saat acara berlangsung. Setelah selesai, baru kita simpulkan berdasarkan asas berikut:

Apa pokok-pokok dialog yang dibicarakan ? Untuk menjawab ini kalian harus memahami informasi apa saja yang dibahas dalam dialog tersebut. Cara menentukan pokok-pokok dialog adalah;1. Memusatkan perhatian pada isi informasi, 2. Mencatat hal penting yang terdapat dalamdialog, dengan mengacu pada what (apa) yang menjadi pokok dialog, who (siapa) yang berdialog, why (mengapa) mereka berdialog, when (kapan) mereka berdialog, where (dimana) mereka berdialog, dan how (bagaimana) cara mereka berdialog. 3. Membuat kesimpulan dengan bahasamu sendiri .

Oke, Karena aku sendiri lagi ngerjain + waktunya udah agak malam, saya udahin dulu kegiatan memenuhi-blog-ga-jelas-ini.

sumber pencetus utama :

sumber I

sumber II